KKN Alternatif UAD Sosialisasikan Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif
Dalam rangka membantu meningkatkan kualitas dalam ranah kewirausahaan, mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 79 I.A.1 atau KKN Satgas Covid-19 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan sosialisasi mengenai kewirausahaan serta penggunaan media promosi digital. Penyuluhan tersebut dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan melibatkan para pelaku usaha yang sebelumnya telah tergabung di komunitas PKL Margi Rejeki yang berada di Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan, Yogyakarta.
Hadir secara langsung Ketua Rukun Warga (RW) 01 Patangpuluhan beserta jajarannya, sosialisasi ini juga mendatangkan perwakilan Dinas Perdagangan Yogyakarta sebagai narasumber kewirausahaan, dan mahasiswa KKN ikut serta memaparkan materi tentang media promosi.
Workshop diawali dengan pemaparan mengenai Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang mengatur persaingan usaha agar dapat berjalan dengan sehat. Hal tersebut disampaikan kepada para pelaku usaha di Patangpuluhan dengan harapan mereka dapat bersaing dengan sehat karena adanya badan yang mengawasi persaingan usaha mereka. Badan tersebut juga dapat melakukan intervensi secara hukum jika terdapat adanya pelanggaran. Selain itu, para pelaku usaha diberikan materi mengenai dasar-dasar kewirausahaan berupa pengertian, konsep berwirausaha, serta langkah dan faktor risiko yang ada saat menjalankan sebuah bisnis.
Pada sesi pemaparan yang dilakukan perwakilan mahasiswa KKN yakni Azman dan Evi, mereka menyampaikan, “Wirausaha memiliki peranan penting dalam membangun perekonomian nasional. Dengan berwirausaha, para wirausahawan dapat membuka peluang lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan nasional, serta mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial di Indonesia.”
Lebih lanjut, mengenai media promosi digital disampaikan oleh Restu. “Promosi secara digital merupakan langkah potensial bagi usahawan dalam membangun branding dalam bisnisnya. Hal ini didukung oleh kemajuan teknologi yang memudahkan manusia untuk bertukar informasi secara digital dan dapat diterima oleh masyarakat dikarenakan cakupannya yang tidak terbatas. Oleh karena itu, sebagai wirausahawan yang baik kita perlu tahu cara penggunaan media promosi digital dengan baik,” jelasnya.
Mahasiswa KKN Alternatif 79 juga memberikan training secara langsung mengenai pengguna salah satu platform online yaitu Canva untuk membuat media promosi, dikarenakan mudahnya penggunaan situs tersebut. Sosialisasi diakhiri dengan sesi diskusi antara mahasiswa KKN, peserta pelaku usaha, dan didampingi oleh perwakilan dinas perdagangan. (guf)