• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Humas, Media Sosial, dan Citra Kampus

29/10/2022/in Terkini /by Ard

Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) Batch 3 (Foto: Istimewa)

Yamadipati Seno, Redaktur Terminal Mojok dari Mojok.co, didapuk untuk menjadi salah satu pembicara dalam sesi Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) yang digelar pada 27‒30 Oktober 2022 di Hotel Grand Yohan Yogyakarta. Ia banyak menyoroti tentang peran media sosial di era digitalisasi dan dalam cakupan tugas kehumasan.

“Pada tahun 2022, media sosial itu mengancam, karena sifatnya yang sangat personal, autentik, informatif, serta memenuhi ekspektasi audiens,” terang Yama. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saat ini berbagai isu bisa menjadi viral di media sosial, terlebih lagi dengan mudahnya koneksi antar platform dan adanya jejak digital yang akan selalu diingat oleh netizen.

Power terkuat yang dimiliki oleh kampus adalah mahasiswa, karena mereka berperan sebagai netizen kampus. Jika ada sebuah isu kampus yang dibuat oleh mahasiswa dan menjadi viral di media sosial, maka humas harus mampu mengelola hal tersebut. Jika jangkauannya masih terkendali, maka aman saja. Namun, lain halnya jika konten tersebut ada arah dendam kepada lembaga, humas harus bersiap untuk menghadapi situasi tersebut.

Dalam praktiknya, terdapat 4 tipe netizen di media sosial, yaitu disseminator (penyebar informasi), publicist (pembangun citra positif), propagandist (pelaku propaganda untuk legitimasi diri atau delegitimasi lawan), serta hacktivist (peretas akun). “Mahasiswa bisa saja menjadi salah satu dari 4 tipe tersebut,” ungkap Yama.

Beberapa hal yang perlu jadi perhatian untuk humas antara lain adalah konten harus komplet, informatif, dan solutif. Kemudian, fokus kepada solusi, dan berusaha untuk bersifat proaktif bukan reaktif terhadap beberapa isu. Selain itu, humas juga wajib untuk memiliki kompetensi dasar. Pertama adalah mengenali media sosial sebagai garda depan sebuah instansi untuk menjaga nama baik. Kedua adalah responsif dalam membuat tulisan pendek yang terukur, organik, dan dekat dengan digital nomad.

Terakhir, Yama menuturkan bahwa terdapat dua layar kerja dalam tugas kehumasan. Pertama press rilis dan akun pimpinan, kedua yakni humas dan sivitas akademika. Dalam membuat press rilis, ada tiga hal yang wajib tercantum di dalamnya, yaitu expertise (sumber informasi yang ahli), authority (otoritas sumber informasi), dan trustworthiness (akurasi konten). (tsa)

uad.ac.id

Tags: Berita UAD, Dosen, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Workshop-Pengembangan-Humas-Perguruan-Tinggi-Muhammadiyah-dan-AisyiyahPTMA-Batch-3-Foto-Istimewa-scaled.jpg 1645 2560 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2022-10-29 10:25:082022-10-29 10:25:08Humas, Media Sosial, dan Citra Kampus
You might also like
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD Gelar Seminar Parenting dan Lokakarya Kreativitas di Hari Ibu
KKN KI UAD Ajak Anak-Anak SB Permai Penang Laksanakan Salat Duha Berjamaah
Sentra HKI UAD Sabet 3 Penghargaan pada Ajang ASKI Award 2022
UAD Gelar Uji Publik Capansel Satgas PPKS
Cerita Dwi Nur Fadhliyah, Dari Iseng Hingga Raih Prestasi di BICF 2025
Microteaching, Bekal Mahasiswa Mengajar di Kelas

PRESTASI

  • Tim Basket UAD Naik ke Divisi 1 Liga Mahasiswa28/10/2025
  •  Mahasiswa FH UAD Raih Medali Perunggu di PON Beladiri Kudus 202528/10/2025
  • UKM Taekwondo Borong 26 Medali pada Kejuaraan Bang Taja Championship 202528/10/2025
  • Tim King Phoenix UAD Raih Juara III dalam Kontes Robot Terbang Indonesia 202528/10/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Silver Medal di Ajang Internasional Fotografi27/10/2025

FEATURE

  • Hakikat Takwa dalam Kehidupan28/10/2025
  • Tali Allah adalah Tali Persatuan28/10/2025
  • Meraih Amalan Ahli Surga22/10/2025
  • Perjalanan Salsabilla Raih Gelar Sarjana dalam 3,3 Tahun20/10/2025
  • Unlock Your Next Level15/10/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top