Strategi Pemasaran Bisnis Daring
“Strategi pemasaran merupakan serangkaian dalam tindakan terpadu menuju keunggulan komperatif yang berkelanjutan. Strategi dan kiat pemasaran dari sudut pandangan penjual (4P) terdiri atas tempat yang strategis, produk yang bermutu, harga yang komparatif, dan promosi yang gencar. Sementara itu, konsep strategi pemasaran dari sudut pandang pelanggan (4C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan yaitu customer needs and wants, biaya pelanggan, kenyamanan, serta komunikasi.”
Alfina Duta Ananda, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyampaikan hal itu dalam sosialisasi strategi pemasaran bisnis daring pada Selasa, 13 Desember 2022 bertempat di RT 37 RW 10 Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit IV.D.3 itu juga mengundang Dra. Sri Rejeki Ekasasi, M.B.A. yang merupakan dosen STIM YKPN Yogyakarta dan Tan Defri Ramadhani mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UAD.
Sosialisasi strategi pemasaran bisnis daring dilatarbelakangi karena mayoritas mata pencaharian warga kampung Suryoputran adalah pedagang atau pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sayangnya, strategi bisnis mereka dalam pemasaran daring belum cukup baik dan terstruktur.
Kemudian, Sri Rejeki menimpali dengan menyampaikan materi tentang arti kebutuhan dan keinginan, serta perbedaan antara barang dan jasa. Sebagai warga RT 37 Panembahan, Sri mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi tersebut. Selain memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran bagi warga RT 37, acara ini dapat dijadikan wadah untuk menjalin silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat.
Lebih lanjut, Alfina menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu mengajarkan ibu-ibu warga RT 37 agar memiliki keahlian dalam bidang pemasaran dengan baik dan terstruktur, khususnya bisnis daring.
Terakhir, Tan menambahkan, “Tujuan akhir dan konsep strategi pemasaran merupakan kepuasan bagi pelanggan sepenuhnya. Hal itu bukan berarti memberikan apa yang menurut penjual keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya pelanggan inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.”
Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun dan mendapatkan respons positif dari ibu-ibu yang hadir. Melalui acara ini, KKN UAD unit IV.D.3 berharap materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan diterapkan ketika akan memulai berjualan atau ketika akan mengembangkan usahanya. (sep/frd)