• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Strategi Pemasaran Bisnis Daring

23/12/2022/in Terkini /by Ard

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Alternatif 84 Unit IV.D.3 Adakan Sosialisasi Strategi Pemasaran Bisnis Dring (Foto: Istimewa)

“Strategi pemasaran merupakan serangkaian dalam tindakan terpadu menuju keunggulan komperatif yang berkelanjutan. Strategi dan kiat pemasaran dari sudut pandangan penjual (4P) terdiri atas tempat yang strategis, produk yang bermutu, harga yang komparatif, dan promosi yang gencar. Sementara itu, konsep strategi pemasaran dari sudut pandang pelanggan (4C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan yaitu customer needs and wants, biaya pelanggan, kenyamanan, serta komunikasi.”

Alfina Duta Ananda, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyampaikan hal itu dalam sosialisasi strategi pemasaran bisnis daring pada Selasa, 13 Desember 2022 bertempat di RT 37 RW 10 Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit IV.D.3 itu juga mengundang Dra. Sri Rejeki Ekasasi, M.B.A. yang merupakan dosen STIM YKPN Yogyakarta dan Tan Defri Ramadhani mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UAD.

Sosialisasi strategi pemasaran bisnis daring dilatarbelakangi karena mayoritas mata pencaharian warga kampung Suryoputran adalah pedagang atau pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sayangnya, strategi bisnis mereka dalam pemasaran daring belum cukup baik dan terstruktur.

Kemudian, Sri Rejeki menimpali dengan menyampaikan materi tentang arti kebutuhan dan keinginan, serta perbedaan antara barang dan jasa. Sebagai warga RT 37 Panembahan, Sri mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi tersebut. Selain memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran bagi warga RT 37, acara ini dapat dijadikan wadah untuk menjalin silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Alfina menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu mengajarkan ibu-ibu warga RT 37 agar memiliki keahlian dalam bidang pemasaran dengan baik dan terstruktur, khususnya bisnis daring.

Terakhir, Tan menambahkan, “Tujuan akhir dan konsep strategi pemasaran merupakan kepuasan bagi pelanggan sepenuhnya. Hal itu bukan berarti memberikan apa yang menurut penjual keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya pelanggan inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.”

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun dan mendapatkan respons positif dari ibu-ibu yang hadir. Melalui acara ini, KKN UAD unit IV.D.3 berharap materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan diterapkan ketika akan memulai berjualan atau ketika akan mengembangkan usahanya. (sep/frd)

uad.ac.id

Tags: Berita UAD, Dosen, KKN UAD, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Mahasiswa-KKN-UAD-Alternatif-84-Unit-IV.D.3-Adakan-Sosialisasi-Strategi-Pemasaran-Bisnis-Dring-Foto-Farida.jpeg 960 1280 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2022-12-23 18:24:542022-12-23 18:24:54Strategi Pemasaran Bisnis Daring
You might also like
Seminar Nasional ‘Aisyiyah Bahas Strategi Peningkatan Daya Saing Koperasi dan UMKM
Layanan Bimbingan dan Konseling di Era Revolusi Industri 5.0
Mengenal Pembelajaran Sastra Indonesia yang Memesona
Sinergitas Mahasiswa Hadis Menuju Organisasi Progresif
UAD Kembangkan Sistem E-Voting untuk Muktamar Muhammadiyah ke-48
Perjalanan Shaldan Menuju Mimpi Menjadi Mahasiswa Kedokteran

PRESTASI

  • Mahasiswa UAD Raih Bronze Medal dan Best Poster di Kompetisi Nasional Business Plan05/07/2025
  • Mahasiswa Gizi UAD Raih Juara I Lomba Poster Contest 2025 Tingkat Nasional05/07/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara II dan The Golden Quill di National Creathink Festival 202505/07/2025
  • I-WASLABOT: Inovasi Mahasiswa UAD Raih Juara di PIKIR 202504/07/2025
  • Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD Raih Juara II dalam BE-FEST 202503/07/2025

FEATURE

  • Kepribadian dan Metode Pendidikan Nabi05/07/2025
  • Belajar ONMIPA dari Ahlinya04/07/2025
  • Kunci Mendapatkan Kebahagiaan Hidup04/07/2025
  • Memperteguh Jati Diri Mahasiswa03/07/2025
  • Strategi Advokasi dalam Melahirkan Solusi atas Permasalahan Hukum di Masyarakat03/07/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top