• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Belajar tentang Gizi Lewat Permainan Tradisional E-GizBang

19/01/2023/in Terkini /by Ard

Tim pengabdian masyarakat Prodi Gizi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) edukasi tentang gizi menggunakan permainan tradisional E-GizBang (Foto: Istimewa)

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi (Prodi) Gizi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membuat sebuah program dalam rangka mengentaskan masalah status gizi yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan permainan tradisional berupa Engklek Gizi Seimbang (E-GizBang). Permainan ini dipilih sebagai media edukasi karena disesuaikan dengan sasaran utama program yaitu anak SD.

Tyas Aisyah Putri, S.Tr.Keb., M.Kes., salah satu anggota tim, menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Banaran 1 dan SD Muhammadiyah Banaran 2 di Kulon Progo. Anak SD dipilih sebagai sasaran karena mereka merupakan ujung tombak dari pengentasan permasalahan gizi. “Jika anak sejak dini dikenalkan pengetahuan tentang gizi dan menerapkannya, maka bisa menekan triple burden yang dihadapi oleh Indonesia,” terang Tyas.

Triple burden adalah 3 beban malnutrisi yang menjadi isu kontemporer di bidang gizi Indonesia saat ini. Ketiga masalah tersebut terdiri atas obesitas, stunting, dan defisiensi zat gizi mikro. Banyak faktor pemicu yang mendorong terjadinya penyakit tersebut, antara lain yaitu kurangnya aktivitas fisik dan tingginya asupan makan pada anak.

Di zaman digital seperti sekarang, gawai dan permainan elektronik cenderung lebih dekat terhadap anak-anak ketimbang permainan tradisional. Hal itu menyebabkan eksistensi permainan tradisional jadi bergeser dan dapat memengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi serta beraktivitas fisik. Oleh karena itu, engklek dipilih sebagai media edukasi agar mudah dipahami anak.

“Selain itu, engklek juga bisa menjadi sarana aktivitas fisik dan pembentukan karakter bagi anak. Jadi ada banyak manfaat yang diperoleh dari permainan tradisional tersebut,” jelas Rosyida Awalia Safitri, S.Gz., M.Imun. selaku ketua tim.

Mekanisme bermain E-GizBang sama dengan bermain engklek pada umumnya, hanya saja di setiap kotak yang mendapat gaco, peserta akan diberi pertanyaan seputar gizi seimbang oleh salah satu teman yang bertugas dan harus menjawabnya. Metode E-GizBang ini dapat digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan edukasi gizi yang diberikan sebelumnya kepada sasaran mitra.

Selain edukasi gizi dan permainan E-GizBang, tim Gizi UAD juga memberikan edukasi tentang praktik cuci tangan pakai sabun dan senam bersama yang dilakukan pada Desember 2022 lalu. Rangkaian program yang telah diberikan diharapkan mampu menekan angka permasalahan gizi yang muncul di Indonesia. (tsa/khr)

uad.ac.id

Tags: Berita UAD, Dosen, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Tim-pengabdian-masyarakat-Prodi-Gizi-Universitas-Ahmad-Dahlan-UAD-edukasi-tentang-gizi-menggunakan-permainan-tradisional-E-GizBang-Foto-Istimewa.jpg 1875 2500 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2023-01-19 07:58:372023-01-19 07:58:37Belajar tentang Gizi Lewat Permainan Tradisional E-GizBang
You might also like
AIWA Kebab: Nikmati Cita Rasa Kebab Arab ala Indonesia
Upaya Mahasiswa UAD dalam Pemberdayaan dan Perubahan Perilaku Kesehatan Masyarakat
KKN UAD Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Lansia di Pronosutan
Farmasi UAD 24 Tahun Penuh Prestasi
Seminar Nasional Psikologi UAD: Tantangan dan Intervensi Psikososial di Era 5.0
Game Ular Tangga, Pola Hidup Sehat Berbasis BK

PRESTASI

  • Mahasiswa FK UAD Raih Juara 3 Nasional Solo Pop Porseni 202504/06/2025
  • Kejutan Manis Tim Futsal UAD: Raih Juara 1 TUN FC 202504/06/2025
  • UKM Basket Putra UAD Juara 1 pada Kompetisi GBC 202504/06/2025
  • Mahasiswa UAD Juara 2 Lomba Desain Nasional03/06/2025
  • Mahasiswa FAI UAD Raih Juara 3 Lomba Qiroatul Akhbar02/06/2025

FEATURE

  • Memahami Social Media Insight05/06/2025
  • Menerapkan Flipped Classroom untuk Menjadi Guru Profesional05/06/2025
  • Kisah Asna Adira: Atasi Kendala Skripsi hingga Raih Predikat Lulusan Terbaik05/06/2025
  • Pentingnya Memahami Tantangan dan Tanggung Jawab Guru05/06/2025
  • AI dan Etika Menulis Ilmiah05/06/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top