• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi Produk Bisnis

19/01/2023/in Terkini /by Ard

Talkshow Kewirausahaan Saudagar Muda Bimawa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Eka Marcella)

Media sosial menjadi wadah untuk membangun hubungan dengan banyak orang, tak terkecuali konsumen. Melalui media sosial, konsumen bisa berkomunikasi secara langsung terkait produk barang atau jasa yang dijual oleh seseorang. Sebagai pengusaha, pemanfaatan media sosial dapat memudahkan dalam memberi umpan balik kepada konsumen secara interaktif dan cepat. Hal tersebut tentu saja menjadi strategi yang ampuh untuk menaikkan kurva penjualan.

Di samping pemanfaatan media sosial, memiliki manajemen keuangan yang baik juga sangat diperlukan seseorang yang baru memulai bisnis. Jika pengelolaan keuangan tepat, maka pemilik usaha dapat mengatur aset yang dimiliki untuk memberikan nilai keuntungan. Dengan begitu, kelangsungan usaha bisa lebih terjaga baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Berdasarkan hal tersebut, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menggelar Talkshow Kewirausahaan Saudagar Dahlan Muda dengan tema ā€œStrategi Meraih Keuntungan dengan Pemanfaatan Media Sosial dan Bijak Mengelola Keuangan Usaha di Era Society 5.0ā€. Bincang virtual ini tayang di kanal YouTube resmi BIMAWA UAD pada Kamis, 12 Januari 2022.

Acara tersebut menghadirkan Asraf Nayif Abdullah mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen UAD sekaligus Founder M.A.C.O Corporate dan Dwi Yumiana mahasiswa Prodi Akuntansi UAD sekaligus CEO Djiwa_bouquet. Baiq Ananda Putri yang merupakan mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat dan peraih beasiswa Cendekia BAZNAS 2021 bertindak sebagai moderator yang memandu berlangsungnya talkshow.

Asraf pemilik usaha Madu Mantanmu atau Madu Kalimantan Murni yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman, serta Ide id yaitu digital marketing advertising, kepada para audiens khususnya mahasiswa, mengenalkan cara berbisnis tanpa mengesampingkan perkuliahan. Ia secara gamblang menjelaskan cara memulai bisnis, pemilihan nama usaha yang menarik, penentuan segmen pasar yang tepat, promosi yang baik dan benar, hingga strategi dalam berbisnis di era 5.0.

ā€œPemanfaatan media sosial untuk promosi produk sangat penting. Salah satunya dapat menggunakan WhatsApp Marketing,ā€ paparnya. Ia menjelaskan ada trik yang menurutnya cukup ampuh yaitu teknik sepertiga.

ā€œKami menggunakan teknik soft selling, jadi sepertiga pertama mempublikasi postingan yang tidak berhubungan dengan produk sebagai contoh bisa berupa postingan jalan-jalan dan lain-lain. Sepertiga kedua barulah isikan produk, dan sepertiga berikutnya isikan konten pengetahuan mengenai produk kami. Dari pengalaman kami, teknik tersebut ampuh untuk menaikkan trafik penjualan.ā€

Lebih jauh Asraf pun menjelaskan terkait cara bijak mengelola keuangan yang kemudian dilanjutkan oleh Yumiana yang juga menjelaskan teknik penjualan di sosial media dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. (eka)

uad.ac.id

Tags: Berita UAD, Dosen, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Talkshow-Kewirausahaan-Saudagar-Muda-Bimawa-Universitas-Ahmad-Dahlan-UAD-Foto-Eka-Marcella.jpg 1073 1913 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2023-01-19 10:25:132023-01-19 10:25:13Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi Produk Bisnis
You might also like
Farmasi UAD Gandeng Puskesmas Girimulyo Sosialisasikan PHBS di SDN Tegalsari
Tingkatkan Kompetensi, Dosen UAD Ikuti Pilot Program iHiLead ErasmusPlus
Dosen UAD Beri Pendampingan Sertifikasi Halal Produk
UAD Jadi Tuan Rumah Final Project Management Meeting Erasmus+ iHiLead
Pelatihan Pembuatan Prototipe Produk Obat dan Kosmetik oleh AIR Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Istimewa) UAD Gelar Pelatihan Pembuatan Prototipe Produk Obat dan Kosmetik
Praktis dan Modern: Mahasiswa UAD Ajarkan QRIS untuk Usaha Warga Prenggan

PRESTASI

  • Mahasiswa FAI UAD Raih Juara 3 Lomba Qiroatul Akhbar02/06/2025
  • Mahasiswa FKM UAD Raih Juara I Lomba Futsal STPN 2025 Se-DIY31/05/2025
  • Inovasi Tim Jelantina Raih Juara 3 Lomba Poster26/05/2025
  • Mahasiswi UAD Raih Gold Medal dan Penghargaan Khusus di Ajang Internasional26/05/2025
  • Tim Bouqet Snack PBSI PPG UAD Juara 1 Lomba Video dalam Gelar Karya 202526/05/2025

FEATURE

  • Mahasiswa Harus Responsif dalam Era Digital02/06/2025
  • Ni’matus Syakirah: yang Penting Proses, Bukan Nilai02/06/2025
  • Indonesia Membutuhkan Generasi yang Melek Teknologi den Rendah Hati02/06/2025
  • Perjalanan Hanifia Merawat Cinta Al-Qur’an31/05/2025
  • Cerita Inspiratif Rino, Meniti Karier dan Perjalanan Melawan Burnout31/05/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top