Membumikan Islam Berkemajuan
Pengajian Ramadan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1444 H resmi diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tepatnya di Amphitarium lantai 9 Kampus Utama UAD. Acara itu terselenggara dari Jumat‒Ahad, 31 Maret–2 April 2023.
Tema besar yang diangkat pada pengajian tersebut ialah “Membumikan Risalah Islam Berkemajuan, Mencerahkan Jogja”. Hari pertama berisi pembukaan acara dilanjutkan dengan pidato iftitah yang disampaikan oleh Ketua PWM DIY Muh. Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A. Di awal Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. juga turut memberikan sambutan
Memasuki hari kedua pada Sabtu, 1 April 2023, acara masih berlangsung dengan dua pemateri Dr. Farid Setiawan, M.Pd.I. dan Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum. Mereka memaparkan tema “Pendidikan Islam Berkemajuan DIY Tantangan Lokal dan Global”.
Farid menjelaskan bahwa upaya Persyarikatan Muhammadiyah dalam membumikan Islam berkemajuan yang mencerahkan sebenarnya sudah ada sejak lama. “Muhammadiyah sudah memulai gerakan pembaruan sejak berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah itu sendiri oleh K.H. Ahmad Dahlan. Dibuktikan dengan periodisasi perkembangannya dalam mencerahkan dan memajukan bangsa.”
Pada 1 Desember 1911 berdirilah sekolah Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah dan sekolah kiai. Selanjutnya pada tahun 1918, Muhammadiyah mendirikan sebuah pendidikan calon guru yang bernama sekolah Mu’allimin dan Mu’allimat, lalu pada tahun 1920 Muhammadiyah sudah memikirkan persoalan pendidikan yang visioner yaitu bagaimana bisa mendirikan sebuah Perguruan Tinggi (PT). Sekolah tersebut menjadi bagian pengajaran yang berguna untuk membentuk visi awal dalam mendirikan sebuah PT.
“Ikhtiar Muhammadiyah selanjutnya ialah pada tahun 1935–1937 yaitu ketika didirikannya pendidikan bagi calon pemimpin Madrasah, lanjut tahun 1936 dilaksanakan kongres seperempat abad Muhammadiyah di Betawi dengan pembahasan konsep awal Sekolah Tinggi Muhammadiyah (Fakultas Ekonomi dan Teknik). Memasuki tahun 1941, yaitu kongres ke-29 di Yogyakarta dengan pembahasan konsep Sekolah Tinggi Islam (Fakultas Agama). Proses panjang yang telah dijalani Muhammadiyah membuahkan hasil yaitu tepatnya tahun 1955 dan 1957 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) pertama Fakultas Falsafah dan Hukum di Padang Panjang resmi didirikan. Disusul PTM kedua Perguruan Tinggi Pendidikan Guru di Jakarta,” jelas Farid.
Perjalanan panjang itu membuktikan bahwa gerakan Islam yang bernama Muhammadiyah merupakan gerakan yang salah satu fokusnya adalah pendidikan. Mengenai pendidikan yang diusung yaitu pendidikan yang berkemajuan, menurut Abdul Mu’ti salah satu tokoh panutan di Muhammadiyah, bahwa membawa warganya menjadi umat terbaik. Selain itu juga terbuka secara pemikiran maupun gerakan karena keterbukaan merupakan salah satu kunci meraih kemajuan, serta berusaha menjadi lebih baik dengan jalan adaptasi maupun adopsi model pendidikan yang mendorong kepada kemajuan.
Selanjutnya, menurut Farid, ia terinspirasi pada sebuah kutipan yang disampaikan K.H. Ahmad Dahlan, “Jadilah kiai berkemajuan, dan jangan lelah bekerja atau mengabdi untuk Muhammadiyah”. “Maka dari itu, Muhammadiyah dapat menghasilkan lulusan berkemajuan, yakni yang memiliki akhlak mulia, berkepribadian utuh, kreatif, inovatif, imajinatif, unggul, kompetitif, berwawasan budaya daerah, cinta lingkungan dan perdamaian, mampu menjawab kebutuhan zaman dan melakukan transformasi, serta memiliki daya saing global. Hal itulah yang menjadi tugas kita bersama sebagai kader Muhammadiyah,” tutupnya.
Pemateri kedua Adib, memaparkan mengenai pemimpin yang dapat menyelami perubahan. Masa lalu adalah memori, masa sekarang adalah persepsi, dan masa yang akan datang adalah ekspektasi, yang dikutipnya dari seorang ahli filsuf Prancis, Paul Ricoeur.
Menurut Adib, 55% penduduk generasi saat ini memiliki sifat gadget addict, multi-tasking, instant, anti-mainstream, materialistic, hybrid electric, dan lazy. Upaya penanaman kepada anak didik ialah 3 N yang harus menjadi identitas. Nawaitu yang berupa ada tujuan, kehendak, komitmen perjuangan, keimanan, keislaman, dan ketakwaan. Nalar, memiliki akal sehat yang digunakan untuk melihat antara idealitas dan realitas, serta model ijtihad. Nilai, kesadaran akan identitas diri, kehambataan, keislaman, keindonesiaan, lokalitas, dan lain sebagainya. (ctr)