Action Research: Ciptakan Suasana Baru dalam Pembelajaran
“Mengapa penelitian dilakukan? Sebab dalam Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ilmu dan pengetahuan, termasuk penelitian. Banyak hal, hadis, maupun ayat yang menginspirasi munculnya ilmu baru yang saat ini dimanfaatkan, salah satunya dalam Q.S. Az-Zumar ayat 9. Perlu dipahami pula bahwa akar dari penelitian adalah berpikir logis dan berpikir sistematis, itulah yang menjadi ruh dari ajaran Islam.”
Kutipan tersebut disampaikan Muhammad Ragil Kurniawan, M.Pd. Ia merupakan dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang pada Sabtu, 16 Juli 2022 lalu menjadi narasumber dalam Workshop Action Research di Sekolah Dasar (SD). Acara yang diselenggarakan oleh PGSD UAD ini disiarkan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan kanal YouTube PGSD Official.
Ragil memaparkan, “Action research merupakan pembelajaran sosial transformatif yang bertujuan membuat situasi lingkungan sosial seperti kelas, sekolah, ataupun komunitas, menjadi lebih baik berdasarkan kebutuhan dan perbaikan yang berkelanjutan. Seperti yang diharapkan dari sebuah penelitian, yaitu adanya solusi yang ada di setiap permasalahan. Transformatif ini menjadi makna perubahan dari kondisi sosial agar menjadi lebih baik berdasarkan kondisi kebutuhan lingkungannya.”
Lebih lanjut, Ragil menjelaskan mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dilakukan oleh para guru, yang merupakan pencermatan kegiatan belajar berupa tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Tujuan dilakukannya action research untuk menciptakan suasana baru dalam kelas, sekolah, dan organisasi. Selain itu PTK yang dinamis menjadi bentuk kuat implementasi teori ke dalam praktik, memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar, untuk meningkatkan profesionalisme guru, serta menumbuhkan budaya akademik di kalangan guru.
Terakhir, Ragil menyampaikan ciri-ciri PTK yaitu salah satu bentuk kegiatan nyata untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar. PTK merupakan tindakan oleh guru kepada siswa, tindakan harus berbeda dari kegiatan biasanya, terjadi dalam siklus berkesinambungan, dan ada pedoman yang jelas secara tertulis. (frd)