• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Pentingnya Personal Branding di Era Digital

04/12/2024/in Feature /by Ard

Dr. Najih Farihanto, S.I.Kom., M.A., Narasumber ADAF #10 (Dok. Dilla)

Ahmad Dahlan Accounting Fair (ADAF) ke-10 kembali digelar dengan meriah di Amphitarium Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kampus IV. Salah satu sesi yang menarik perhatian peserta adalah presentasi dari Dr. Najih Farihanto, S.I.Kom., M.A., dosen Ilmu Komunikasi UAD sekaligus konten kreator TikTok. Dengan tema “Personal Branding on the Digital Age”, ia membahas pentingnya membangun identitas diri di era digital.

Dalam pemaparannya, Dr. Najih menekankan bahwa era digital memberikan peluang besar bagi individu untuk mengeksplorasi dan memaksimalkan potensi diri melalui personal branding. Ia menjelaskan bahwa personal branding dapat dibangun secara natural, yakni sesuai dengan karakter asli, atau by design, yaitu dirancang dengan strategi tertentu. “Salah satu contoh personal branding by design adalah Aldi Taher, yang menciptakan identitas unik untuk menarik perhatian publik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dr. Najih menguraikan cara membangun karakter personal branding yang efektif. Ia menyebutkan tiga langkah utama: be different (menjadi unik), know yourself (kenali diri sendiri), dan know your audience (pahami audiens). Dalam era media sosial saat ini, platform seperti TikTok, Instagram, Twitter/X, Facebook, dan LinkedIn memainkan peran penting dalam membentuk citra diri. “Setiap platform memiliki kekuatannya masing-masing, seperti Instagram yang menonjolkan fitur Story sebagai elemen personal touch,” tambahnya.

Dr. Najih juga memberikan tips agar personal branding lebih menonjol. Ia menyarankan untuk selalu mengikuti tren, riding the wave (memanfaatkan tren), dan follow the wave (mengikuti arus). Selain itu, konten yang dibuat sebaiknya menarik, relevan, menyelesaikan masalah, atau menghibur. Dalam sesi tersebut, ia memutar beberapa contoh konten kreatif yang sukses menunjukkan personal branding yang kuat.

Mengakhiri sesi, Dr. Najih menyampaikan pesan inspiratif kepada para peserta, “You are what you post, be wise.” Ia menekankan pentingnya bijak dalam memanfaatkan media sosial dan membangun personal branding yang positif. Meski demikian, ia juga mengingatkan bahwa setiap individu memiliki kebebasan untuk berpendapat di dunia digital. Seminar ini memberikan wawasan berharga bagi peserta untuk memanfaatkan era digital secara maksimal dalam mengembangkan identitas dan karier mereka. (Dilla)

uad.ac.id

Tags: Berita, Berita UAD, Dosen, Dosen UAD, Mahasiswa, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Dr.-Najih-Farihanto-S.I.Kom_.-M.A.-Narasumber-ADAF-10-Dok.-Dilla.jpg 1080 1920 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2024-12-04 10:09:102024-12-04 10:26:06Pentingnya Personal Branding di Era Digital
You might also like
Mahasiswa Teknik Industri UAD Magang di PT Tokai Toyota Auto Body Extrusion
UAD Gelar Pelatihan Motivation Letter dengan Pemateri Penerima Beasiswa LPDP University of New South Wales (UNSW)
Mahasiswa Harus Peduli Terhadap Sejarah
Tips Sukses Jadi Bankir Syariah Internasional
Takwa, Amanah, dan Adab sebagai Pembelajar
BK UAD Optimalkan Teknologi untuk Dukungan Psikologi Melalui Seminar Nasional

TERKINI

  • Pharmacy Club UAD Tingkatkan Relasi Lewat Studi Banding Nasional02/12/2025
  • Eksis 1 Dekade, UAD FC Kembali Berjuang di Liga 4 Piala Gubernur DIY 2025-202602/12/2025
  • Pelatihan Ecoprint PkM UAD Dorong Kreativitas dan Kurangi Sampah Plastik02/12/2025
  • Cetak Motif dari Alam, HMPS Biologi Gelar Pelatihan Ecoprint di Wonolelo28/11/2025
  • Prestasi Adalah Tradisi Kami: Muda Berkarya, Kampus Berdaya28/11/2025

PRESTASI

  • Angkat Isu Sampah, Tim UAD Boyong Juara III Nasional Perlombaan Perancangan Website02/12/2025
  • Mahasiswa PGSD UAD Raih Dua Penghargaan Juara Esai dan Presenter di Ahmad Dahlan International Seminar #3 202501/12/2025
  • Perjuangan Tak Terduga Membuahkan Hasil01/12/2025
  • Mahasiswa Akuntansi UAD Raih Tiga Penghargaan di Kompetisi Inovasi Digital Internasional01/12/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara Infografis Terfavorit di Pharmacy Digital Competition25/11/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top