• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Strategi Pemasaran Bisnis Daring

23/12/2022/in Terkini /by Ard

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Alternatif 84 Unit IV.D.3 Adakan Sosialisasi Strategi Pemasaran Bisnis Dring (Foto: Istimewa)

“Strategi pemasaran merupakan serangkaian dalam tindakan terpadu menuju keunggulan komperatif yang berkelanjutan. Strategi dan kiat pemasaran dari sudut pandangan penjual (4P) terdiri atas tempat yang strategis, produk yang bermutu, harga yang komparatif, dan promosi yang gencar. Sementara itu, konsep strategi pemasaran dari sudut pandang pelanggan (4C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan yaitu customer needs and wants, biaya pelanggan, kenyamanan, serta komunikasi.”

Alfina Duta Ananda, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyampaikan hal itu dalam sosialisasi strategi pemasaran bisnis daring pada Selasa, 13 Desember 2022 bertempat di RT 37 RW 10 Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 84 Unit IV.D.3 itu juga mengundang Dra. Sri Rejeki Ekasasi, M.B.A. yang merupakan dosen STIM YKPN Yogyakarta dan Tan Defri Ramadhani mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UAD.

Sosialisasi strategi pemasaran bisnis daring dilatarbelakangi karena mayoritas mata pencaharian warga kampung Suryoputran adalah pedagang atau pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sayangnya, strategi bisnis mereka dalam pemasaran daring belum cukup baik dan terstruktur.

Kemudian, Sri Rejeki menimpali dengan menyampaikan materi tentang arti kebutuhan dan keinginan, serta perbedaan antara barang dan jasa. Sebagai warga RT 37 Panembahan, Sri mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi tersebut. Selain memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran bagi warga RT 37, acara ini dapat dijadikan wadah untuk menjalin silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Alfina menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu mengajarkan ibu-ibu warga RT 37 agar memiliki keahlian dalam bidang pemasaran dengan baik dan terstruktur, khususnya bisnis daring.

Terakhir, Tan menambahkan, “Tujuan akhir dan konsep strategi pemasaran merupakan kepuasan bagi pelanggan sepenuhnya. Hal itu bukan berarti memberikan apa yang menurut penjual keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya pelanggan inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.”

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun dan mendapatkan respons positif dari ibu-ibu yang hadir. Melalui acara ini, KKN UAD unit IV.D.3 berharap materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan diterapkan ketika akan memulai berjualan atau ketika akan mengembangkan usahanya. (sep/frd)

uad.ac.id

Tags: Berita UAD, Dosen, KKN UAD, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Mahasiswa-KKN-UAD-Alternatif-84-Unit-IV.D.3-Adakan-Sosialisasi-Strategi-Pemasaran-Bisnis-Dring-Foto-Farida.jpeg 960 1280 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2022-12-23 18:24:542022-12-23 18:24:54Strategi Pemasaran Bisnis Daring
You might also like
UAD Apresiasi Dosen Purnatugas
UAD Berikan Vaksin Booster
Peringati Hari Ibu, KKN UAD Adakan Lomba Menulis Kasih Sayang untuk Ibu
Kampanye Anti Bullying oleh KKN MAs 65 di MI Muhammadiyah Tanjung
Tari Golek Ayun-Ayun Meriahkan Opening Ceremony P2K UAD 2022
Penanaman 1.000 Pohon untuk Kesejahteraan dan Ketahanan Pangan Desa Terong

PRESTASI

  • Mahasiswa FAI UAD Raih Juara 3 Lomba Qiroatul Akhbar02/06/2025
  • Mahasiswa FKM UAD Raih Juara I Lomba Futsal STPN 2025 Se-DIY31/05/2025
  • Inovasi Tim Jelantina Raih Juara 3 Lomba Poster26/05/2025
  • Mahasiswi UAD Raih Gold Medal dan Penghargaan Khusus di Ajang Internasional26/05/2025
  • Tim Bouqet Snack PBSI PPG UAD Juara 1 Lomba Video dalam Gelar Karya 202526/05/2025

FEATURE

  • Mahasiswa Harus Responsif dalam Era Digital02/06/2025
  • Ni’matus Syakirah: yang Penting Proses, Bukan Nilai02/06/2025
  • Indonesia Membutuhkan Generasi yang Melek Teknologi den Rendah Hati02/06/2025
  • Perjalanan Hanifia Merawat Cinta Al-Qur’an31/05/2025
  • Cerita Inspiratif Rino, Meniti Karier dan Perjalanan Melawan Burnout31/05/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top