Himpunan Mahasiswa Fisika UAD Adakan Pelatihan Desain Grafis
Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Pelatihan Desain Grafis dengan mengusung tema “Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Ilmu Sains dalam Bidang Karya Tulis dan Digital Art Menuju Indonesia Emas”. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara Himafi Festival and Competition (HIFESCOM) yang menjadi terobosan program kerja baru sebagai wadah meningkatkan kreativitas dan inovasi sebagian orang yang bergabung di dunia desain. Hadir sebagai pemateri adalah Nerry Supanji, S.Pd. yang sukses di dunia Canva Mobile Enthusiast User Canva sejak tahun 2017.
Berlangsung selama empat jam melalui platform Zoom Meeting, sebanyak 83 partisipan ikut dalam acara tersebut yang terdiri atas dosen, mahasiswa Fisika UAD, dan partisipan umum lainnya. Damar Yoga Kusuma, Ph.D. selaku Kepala Bidang Studi (Kaprodi) Fisika UAD menyambut baik acara yang penuh manfaat ini sekaligus meresmikan pembukaan pelatihan.
Muhammad Maulidan selaku ketua Himafi FAST, dalam sambutannya mengatakan, “Dengan adanya pelatihan desain grafis ini, diharapkan jiwa inovasi desain kita bisa tumbuh dan bisa mengimplementasikan ilmu tersebut. Sebab seperti yang sudah kita ketahui bersama, desain grafis akan dibutuhkan pada setiap bidang. Aplikasi dan metode desain juga akan disampaikan oleh pemateri luar biasa yang sudah berkenan hadir pada acara ini.”
Berkaitan dengan itu, ia menjelaskan bahwa setelah adanya pelatihan desain grafis akan ada tindak lanjut berupa latihan desain bersama untuk persiapan mengikuti lomba desain yang diadakan HIFESCOM. Pengumuman pemenang lomba desain akan disampaikan pada saat penutupan acara.
Masuk ke tema bahasan, Nerry Supanji menyampaikan, “Seorang desainer grafis adalah perancang, pencetus, dan penemu ide, yang memiliki tanggung jawab untuk mengubah komunikasi verbal menjadi visual. Tujuannya agar suatu pesan dapat diterima dengan lebih mudah diiringi estetika dan pencitraan yang lebih baik.”
“Hal-hal yang harus diperhatikan dalam desain yaitu kejelasan gambar dan tulisan, komposisi gambar dan tulisan proporsional, kesesuaian isi dan kebutuhan (pastikan isi menimbulkan rasa penasaran yang tinggi), kejelasan identitas, penyesuaian warna, serta ukuran kertas. Aplikasi yang biasa digunakan yaitu Pixellab, Picsart, dan Canva. Dalam mendesain, kita bisa menggunakan ponsel ataupun komputer, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa pun aplikasi dan media yang digunakan, ide dan kreativitas tetap menjadi hal yang utama,” imbuhnya.
Di akhir acara, ia menyampaikan, “Terjun di dunia desain adalah hal yang menyenangkan karena meningkatkan inovasi dan kreativitas untuk hasil desain yang menarik. Lantas, bagaimana dengan para pemula yang berkeinginan terjun di dunia desain? Niat menjadi hal utama sehingga mempermudah kita dalam berproses. Mencoba desain berulang kali dengan pembelajaran otodidak adalah hal yang saya lakukan. Mengikuti lomba-lomba desain sebagai bahan ukur kemajuan desain juga harus dibiasakan.” (lae)