Mengenalkan Digital Marketing di Kampung Pathuk
Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Periode ke-89 Unit IV.A.1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pentingnya memasarkan produk melalui digital marketing di RW 5, Kelurahan Ngampilan, Kemantren Ngampilan, Yogyakarta, atau yang lebih dikenal sebagai Kampung Pathuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 21 November 2023 di Balai RW 5 Ngampilan.
Kegiatan sosialisasi ini melibatkan seluruh anggota Unit IV.A.1, yaitu Yulinda Cahya Suryaningrum (Manajemen) selaku ketua unit, Rendy Yurize (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) selaku korcam, Artha Titi Sagita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan Fadhilah Salmaeka (Bimbingan Konseling) selaku sekretaris, Rika Yuniarti (Perbankan Syariah) selaku bendahara, Hudzaifah Hanafie Ahmad (Teknik Informatika) selaku humas, serta Adistya Pramudea dan Moh. Akil Gawi (Ilmu Komunikasi) selaku perlengkapan dan dokumentasi. Acara juga mendapat dukungan dari Nur Alifah Septiani, S.S., M.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Unit IV.A.1.
Kampung Pathuk merupakan daerah yang terkenal sebagai sentra pembuatan bakpia di DI Yogyakarta. Hampir seluruh warga di kampung tersebut memiliki usaha bakpia yang diproduksi sendiri. Dalam upaya untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya memasarkan produk melalui media digital, KKN UAD bekerja sama dengan Koperasi Sumekar yang merupakan koperasi di Kampung Pathuk untuk melakukan sosialisasi.
Yulinda dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya sosialisasi digital marketing. “Adapun kegiatan sosialisasi ini kami selenggarakan dengan tujuan untuk membangun kepedulian bagi masyarakat, terutama bagi para pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bakpia terkait pemanfaatan teknologi digital sebagai media pemasaran produk.”
Sosialisasi tersebut mengangkat beberapa topik penting, yaitu pengertian digital marketing, keunggulan, pengenalan jenis-jenisnya, serta contoh pemanfaatan langsung dari digital marketing sebagai media dalam memasarkan produk. Warga yang hadir merespons positif kegiatan ini, termasuk Sumiyati yang merupakan Ketua Koperasi Sumekar.
“Kami pelaku usaha juga dapat dibilang hampir semuanya memiliki usaha bakpia sehingga kami menginginkan adanya sosialisasi terkait digital marketing,” ujarnya dalam sambutan, (21-11-23).
Harapannya, dengan diadakannya sosialisasi terkait digital marketing ini dapat membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang cara mengoptimalkan pemasaran produk melalui media digital. Dengan begitu, UMKM yang berada di Kampung Pathuk dapat terus berkembang hingga ke seluruh negara. (ak/ek)