• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Tingkatkan Literasi Siswa SMKN 1 Sewon dengan QR Code di Pohon

19/04/2025/in Terkini /by Ard

Siswa mengakses QR Code GO SCAN ME, SMKN 1 Sewon karya mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Rafita)

Dalam upaya meningkatkan literasi siswa, tim mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam program Kampus Mengajar 8 telah melaksanakan program inovatif bernama GO SCAN ME di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sewon. Program ini berlangsung pada 6‒9 Desember 2024 dan berfokus pada pengembangan literasi berbasis teknologi melalui pemanfaatan quick response (QR) Code. Dengan adanya program ini, siswa dapat mengakses informasi mengenai berbagai pohon di lingkungan sekolah hanya dengan memindai kode QR yang tersedia. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan literasi siswa sebesar sekitar 60%, yang menegaskan efektivitas pendekatan berbasis digital dalam dunia pendidikan.

Berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dilakukan sebelum pelaksanaan program, kemampuan literasi siswa di SMKN 1 Sewon hanya mencapai 57%. Data ini mengindikasikan perlunya penguatan dalam kemampuan membaca dan memahami teks.

Selain itu, SMKN 1 Sewon merupakan sekolah Adiwiyata, yang memiliki komitmen dalam pelestarian lingkungan melalui pendidikan. Namun, upaya edukasi lingkungan di sekolah masih terbatas pada pemberian nama pohon tanpa adanya informasi lebih lanjut mengenai jenis, manfaat, serta peran ekologisnya. Keterbatasan ini menjadi peluang untuk mengembangkan program literasi berbasis digital yang tidak hanya meningkatkan minat baca, tetapi juga memperkaya pemahaman siswa mengenai lingkungan sekitar.

Program GO SCAN ME dikembangkan menggunakan teknologi QR Code yang diarahkan ke platform digital berisi informasi mengenai berbagai pohon di lingkungan sekolah. Program ini dimulai dengan melakukan observasi dan identifikasi kebutuhan sekolah yaitu tim mahasiswa melakukan survei dan wawancara untuk memahami kondisi literasi siswa serta potensi integrasi teknologi dalam pembelajaran.

Selanjutnya pembuatan media digital yaitu dengan mengumpulkan informasi mengenai pohon dan dirancang secara menarik menggunakan Canva serta disusun dalam Google Sites. Pembuatan QR Code mengenai informasi setiap pohon di lingkungan sekolah yang mengarahkan siswa ke laman digital berisi informasi lengkap.

Ketika QR telah siap maka Kode QR ditempelkan di pohon-pohon di area sekolah, dan siswa diberikan pelatihan singkat mengenai cara mengakses informasi tersebut. Setelah kode QR dapat diakses oleh siswa, selanjutnya dilakukan evaluasi efektivitas dengan demikian hasil asesmen dilakukan untuk mengukur peningkatan literasi setelah penggunaan program.

Setelah dua minggu implementasi, hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan literasi siswa dari 57% menjadi sekitar 60%. Meskipun peningkatannya belum mencapai 70%, data ini tetap menunjukkan bahwa program berbasis teknologi mampu memberikan dampak positif terhadap kebiasaan membaca dan pemahaman siswa. Selain itu, 85% siswa menyatakan bahwa program ini membuat mereka lebih tertarik membaca dan memahami informasi lingkungan.

Program tersebut juga memberikan dampak positif bagi program Adiwiyata di SMKN 1 Sewon. Dengan adanya informasi digital mengenai pohon-pohon di sekolah, siswa lebih sadar akan pentingnya keberlanjutan lingkungan dan peran setiap pohon dalam ekosistem.

Keberhasilan program GO SCAN ME di SMKN 1 Sewon membuktikan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan literasi siswa. Pemanfaatan kode QR memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan lebih interaktif, sehingga meningkatkan minat mereka dalam membaca dan memahami teks.

Sebagai tindak lanjut, program ini dapat diperluas ke sekolah lain dengan menambahkan fitur interaktif, seperti kuis literasi atau video edukatif. Dengan demikian, media literasi berbasis teknologi tidak hanya berfungsi sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan secara lebih luas. Setelah berlangsungnya program GO SCAN ME, diharapkan sekolah-sekolah lain dapat mengadopsi pendekatan serupa untuk meningkatkan kualitas literasi siswa secara efektif dan berkelanjutan. (Rafita/Faiq)

uad.ac.id

Tags: Berita, Berita UAD, Dosen, Dosen UAD, Mahasiswa, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Siswa-mengakses-QR-Code-GO-SCAN-ME-SMKN-1-Sewon-karya-mahasiswa-Universitas-Ahmad-Dahlan-UAD-Dok.-Rafita.jpg 1080 1920 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2025-04-19 11:03:432025-04-19 11:03:43Mahasiswa UAD Tingkatkan Literasi Siswa SMKN 1 Sewon dengan QR Code di Pohon
You might also like
Gen Z dalam Islam Berkemajuan
Dosen UAD Gelar Pelatihan Comic Strip di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
Menarik, UAD Selenggarakan Semarak Hari Bermuhammadiyah 2023
UAD Tuan Rumah Musyawarah Nasional ke-XX ISMKMI
Grand Final Mobile Legends Meriahkan UAD FAIR 2023
Perjalanan Shaldan Menuju Mimpi Menjadi Mahasiswa Kedokteran

PRESTASI

  • Mahasiswa FK UAD Raih Juara 3 Nasional Solo Pop Porseni 202504/06/2025
  • Kejutan Manis Tim Futsal UAD: Raih Juara 1 TUN FC 202504/06/2025
  • UKM Basket Putra UAD Juara 1 pada Kompetisi GBC 202504/06/2025
  • Mahasiswa UAD Juara 2 Lomba Desain Nasional03/06/2025
  • Mahasiswa FAI UAD Raih Juara 3 Lomba Qiroatul Akhbar02/06/2025

FEATURE

  • Memahami Social Media Insight05/06/2025
  • Menerapkan Flipped Classroom untuk Menjadi Guru Profesional05/06/2025
  • Kisah Asna Adira: Atasi Kendala Skripsi hingga Raih Predikat Lulusan Terbaik05/06/2025
  • Pentingnya Memahami Tantangan dan Tanggung Jawab Guru05/06/2025
  • AI dan Etika Menulis Ilmiah05/06/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top