KKN MAs 35 Sosialisasikan tentang Branding, Promosi, dan Desain Grafis
“Sosialisasi ini sangat bermanfaat. Sekarang saya mengerti pentingnya membuat logo yang menarik dan cara membuat poster digital. Ini pasti akan membantu usaha saya lebih dikenal luas, dan saya merasa lebih percaya diri untuk membuat desain sendiri,” ujar Kariman.
Ia mengikuti sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa Kelompok 35 Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah dan ‘Aisyah (KKN MAs). Kelompok tersebut terdiri atas mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Muhammadiyah Gombong, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Mereka melaksanakan sosialisasi untuk memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal melalui branding yang efektif. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu, 31 Agustus 2024.
Tim memulai dengan melakukan observasi awal pada UMKM dan menemukan bahwa banyak di antara mereka yang tidak memiliki logo atau banner pada tokonya. Hal ini menyebabkan kebingungan di kalangan konsumen mengenai produk yang dijual, yang berdampak pada rendahnya penjualan.
Sebagai solusinya, tim mengadakan sosialisasi dengan tema “Transformasi Bisnis dengan Digital Marketing: Branding, Promosi, dan Desain Grafis” yang dihadiri oleh pelaku UMKM dan pemuda dari RT 02/RW 04 Desa Sugihan, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Acara ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan teknologi digital, khususnya dalam aspek branding, promosi, dan desain grafis, serta memberdayakan pemuda desa untuk mendukung UMKM lokal melalui kolaborasi digital. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Pertemuan RT 02 RW 04.
Dalam acara itu, tim menjelaskan berbagai topik penting, termasuk apa itu digital marketing, hubungan digital marketing dengan UMKM, serta manfaat dan keuntungan digital marketing. Peserta juga diperkenalkan dengan media sosial populer, konsep branding, langkah-langkah branding, pengenalan desain grafis, dan aplikasi desain Canva.
Setelah sesi materi, peserta diminta untuk mempraktikkan pembuatan banner usaha mereka menggunakan Canva dan mengirimkan hasilnya untuk evaluasi. Pada akhir kegiatan, tim mengevaluasi hasil desain peserta dan memeriksa kesesuaian desain dengan unsur yang telah diajarkan. (Reza)
uad.ac.id