KKN UAD di Pacarejo Adakan Pelatihan Digital Marketing
Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode ke-101 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XXVIII.A.1 mengadakan pelatihan digital marketing untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kalurahan Pacarejo pada Senin (13-2-2023) di Balai Kalurahan Pacarejo. Acara tersebut merupakan program kolaborasi antara Unit A1 Dukuh Wilayu, Unit A2 Dukuh Jasem Kidul, dan Unit A3 Dukuh Trukan Ngampo. Dengan mengangkat tema “Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kesejahteraan para Pelaku Usaha di Kalurahan Pacarejo” acara dihadiri oleh para pelaku UMKM, ketua RT/RW, kepala dukuh, dan karang taruna di lingkungan Kalurahan Pacarejo.
Suhadi selaku Lurah Pacarejo menuturkan bahwa pelatihan digital marketing tersebut tepat sasaran mengingat di Kalurahan Pacarejo sendiri jumlah UMKM yang terdata hingga tahun 2022 saja mencapai 800-an. Mereka terdiri atas berbagai bidang usaha seperti makanan, mebel, fesyen, hingga produk usaha di bidang agribisnis.
“Pada tahun 2023 ini, semua jenis usaha akan kami lakukan pendataan, mulai dari penjual cilok, penjual pulsa, pemilik toko kelontong, hingga pengusaha mebel, dan akan kami fasilitasi semua melalui situs web pacarejo.id, sehingga nanti para konsumen tidak perlu lagi mencari di mana lokasi tempat usaha. Kalau sedang memerlukan jasa atau mau mencari makanan, tinggal cek di situs web tersebut,” tambahnya saat membuka acara.
Adapun yang menjadi pemateri adalah dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UAD sekaligus dosen pembimbing lapangan (DPL) dari 3 Unit KKN yang ditempatkan di Kalurahan Pacarejo, yaitu Suryana Hendrawan, S.E., M.B.A.
Ia mengatakan bahwa ada 3 aspek penting dan utama dari konsep digital marketing yaitu traffic, conversion, dan relationship. “Kegunaan traffic adalah bagaimana caranya orang bisa masuk atau datang ke situs web kita, atau WhatsApp kita, ataupun landing page kita. Kegunaan conversion adalah bagaimana yang datang memutuskan untuk membeli. Lalu kegunaan relationship adalah yang sudah membeli memutuskan membeli lagi.”
Suryana juga menjelaskan sekaligus melakukan praktik secara langsung kepada para peserta pelatihan. Di antaranya praktik cara membuat desain di Canva, cara membuat tautan untuk informasi usaha di web linktree, dan praktik pengelolaan situs web agar terlihat menarik oleh konsumen.
Perwakilan panitia pelaksana, Muhammad Maulidan turut menuturkan, “Salah satu alasan panitia dari mahasiswa KKN UAD mengadakan kegiatan pelatihan digital marketing ini dilatarbelakangi oleh potensi UMKM yang sangat besar di Kalurahan Pacarejo, tetapi masih minim penerapan konsep digital marketing.”
Para pelaku UMKM yang menjadi peserta dalam acara ini pun sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan. Hermansyah, salah satu peserta dan pemilik usaha salon di Dukuh Wilayu, turut memberi tanggapan atas terlaksananya kegiatan ini. Ia mengungkapkan bahwa acara seperti ini baru pertama kali diadakan di Kalurahan Pacarejo dan merupakan pengalaman yang luar biasa karena ia bisa mengetahui berbagai teknik pemasaran dalam konsep digital marketing.
“Banyak informasi yang saya dapatkan setelah mengikuti pelatihan. Sebelumnya saya tidak mengenal apa itu Canva, linktree, dan beberapa media digital lainnya. Untuk promosi usaha biasanya saya menggunakan jasa desain grafis dari luar, seperti untuk keperluan membuat spanduk, dan sebagainya. Namun setelah adanya acara ini, saya rasa tidak terlalu susah untuk melakukan itu semua sendiri,” ungkap Hermansyah.
Respons dari peserta pelatihan digital marketing tersebut sangat positif. Mereka terlibat aktif dalam kegiatan dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan berdiskusi secara terbuka terkait topik yang disampaikan oleh pembicara. Melalui program pelatihan ini, tim Unit XXVIII.A.1 berharap materi yang disampaikan dapat diterapkan dan bisa mempermudah masyarakat dalam mengembangkan UMKM sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Kalurahan Pacarejo. (mld/roy).