Mahasiswa Manajemen UAD Sukses Berinovasi di Program Wirausaha Merdeka UGM 2024
Amanda Nabila Safitri, Endah Pikarti Ningrum, dan Nesya Ilmiati, mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berhasil berpartisipasi dalam Program Wirausaha Merdeka Universitas Gajah Mada (UGM) 2024. Program ini bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dengan menanamkan nilai inovasi, kesadaran teknologi, dan kepedulian terhadap isu lingkungan serta sosial.
Program yang berlangsung selama tiga bulan, mulai 24 September hingga 15 Desember 2024, ini diikuti sekitar 250 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Proses seleksinya mencakup pengajuan surat rekomendasi dari kampus dan pembuatan esai. Setelah dinyatakan lolos, peserta dibekali pelatihan intensif, lokakarya, mentoring, hingga evaluasi untuk memastikan setiap langkah dalam pengembangan ide bisnis berjalan optimal.
Dalam program ini, tim dari UAD menghadirkan inovasi bisnis bernama Cookiera, sebuah usaha kuliner yang memproduksi oat cookies sehat. Cookiera membawa tagline “Your Healthy Gut Investment” dengan visi mendukung gaya hidup sehat masyarakat modern. Produk ini terdiri atas empat varian rasa, yaitu cokelat, beetroot, jahe, dan kelor. Selain lezat, Cookiera dirancang dengan memperhatikan kandungan gizi sekaligus mengedepankan keberlanjutan lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
Pelaksanaan program di Kampus UGM menghadirkan berbagai tantangan bagi para peserta. Mulai dari pengembangan ide bisnis yang inovatif, pengelolaan keuangan, hingga membangun tim yang solid. Bagi Amanda dan tim, tantangan terbesar adalah manajemen sumber daya manusia. Hal ini menjadi kunci utama keberhasilan dalam mengelola sumber daya lainnya agar target dan tujuan bisnis dapat tercapai.
Ke depannya, tim Cookiera berencana memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak, dan membangun program pendampingan pasca-inkubasi untuk memperkuat merek mereka. Selain itu, mereka juga fokus pada penguatan branding dan relasi eksternal guna mendorong ekspansi produk.
Melalui program ini, banyak pengalaman yang didapatkan, seperti pentingnya inovasi, kreativitas, kerja sama tim, komunikasi efektif, hingga kesabaran dalam menghadapi berbagai tantangan. Semua pengalaman tersebut tidak hanya memperkaya wawasan mereka, tetapi juga melatih soft skill yang akan sangat bermanfaat di masa depan. (Zul)