• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

KKN MAs 132 Sosialisasikan Digital Marketing di Desa Pablengan

19/09/2024/in Terkini /by Ard

KKN MAs 132 sosialisasikan digital marketing di Desa Pablengan (Dok. KKN MAs)

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah ‘Aisyiyah (MAs) 132 melaksanakan salah satu program utama yakni sosialisasi dan pengenalan digital marketing kepada warga Desa Pablengan, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada Rabu, 28 Agustus 2024. Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh warga, terutama mereka yang tengah menjalankan usaha, tetapi merasa kurang memiliki pengetahuan tentang cara mempromosikan produk mereka secara daring.

Berdasarkan hasil survei lapangan, banyak warga desa yang memiliki usaha tetapi masih kesulitan memperluas jangkauan pasar karena keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, sosialisasi ini dirancang untuk membantu mereka memahami cara mengelola dan mempromosikan usaha secara lebih efektif melalui platform digital.

Tidak hanya memberikan materi secara teori, tim KKN MAs 132 juga memberikan pendampingan langsung kepada para pelaku usaha. Mereka membantu warga dalam mengunggah produk ke platform e-commerce seperti Shopee, serta memberikan panduan dalam pembuatan kemasan yang lebih menarik. Dua contoh produk lokal yang didampingi adalah kerupuk telur asin dan kerupuk lempeng, di mana pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Selain itu, tim KKN MAs 132 juga membantu para pelaku usaha untuk mendaftarkan lokasi bisnis mereka di Google Maps. Langkah ini memudahkan konsumen untuk menemukan lokasi usaha secara lebih efisien. Contoh usaha yang berhasil didaftarkan adalah “Telur Asin Andini”, yang kini dapat ditemukan di Google Maps.

Tim KKN MAs 132 berharap, inisiatif ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi para pelaku UMKM di Desa Pablengan. Keberhasilan program tersebuts diukur dari kemampuan pelaku usaha dalam memanfaatkan platform digital untuk memperluas pasar mereka dan mencapai target yang telah direncanakan. (salma)

uad.ac.id

Tags: Berita, Berita UAD, Dosen, Dosen UAD, KKN UAD, Mahasiswa, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/KKN-MAs-132-sosialisasikan-digital-marketing-di-Desa-Pablengan-Dok.-KKN-MAs.jpg 1068 1900 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2024-09-19 13:03:022024-09-19 13:03:02KKN MAs 132 Sosialisasikan Digital Marketing di Desa Pablengan
You might also like
Tapak Suci UAD Sukses Adakan Kajian Ramadan Daring
Asrama Persada UAD Kini Menjadi Tiga Lokasi
PPK Ormawa IMM BPP UAD Gelar Penyuluhan Anti Perundungan
Mahasiswa UAD Adakan Edukasi Stop-Bullying di SD Candi
KKN UAD Lepas 1.000 Benih Ikan dan Tanam Pohon di Embung Bangeran
Pentingnya Memahami Sunnatullah dalam Hal Keadilan

PRESTASI

  • Mahasiswa UAD Raih Juara Nasional dengan Inovasi Project Based Learning untuk Teks Berita18/07/2025
  • Kembangkan Robot Edukatif Berbasis Aljabar Lie, Tim Matematika UAD Raih Juara Nasional18/07/2025
  • Mahasiswa Sistem Informasi UAD Raih Dua Kejuaraan Nasional Artikel Ilmiah18/07/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara III Artikel dan Presenter Terbaik di Kompetisi Artikel Ilmiah Nasional 202518/07/2025
  • Mahasiswa UAD Juara Nasional Lewat Inovasi Pengolahan Limbah Menjadi Energi Terbarukan18/07/2025

FEATURE

  • Kupas Tuntas Strategi Konten dan Dakwah Digital18/07/2025
  • Mengungkap Rahasia Artikel Populer Bersama Harian Jogja17/07/2025
  • Menemukan Ketenangan dengan Mengingat Allah17/07/2025
  • Al-Qur’an sebagai Pedoman dalam Kehidupan11/07/2025
  • Terapi Kesehatan Mental Menurut Al-Qur’an dan as-Sunnah10/07/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top