• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

KKN MAs 132 Sosialisasikan Digital Marketing di Desa Pablengan

19/09/2024/in Terkini /by Ard

KKN MAs 132 sosialisasikan digital marketing di Desa Pablengan (Dok. KKN MAs)

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah ‘Aisyiyah (MAs) 132 melaksanakan salah satu program utama yakni sosialisasi dan pengenalan digital marketing kepada warga Desa Pablengan, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, khususnya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada Rabu, 28 Agustus 2024. Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh warga, terutama mereka yang tengah menjalankan usaha, tetapi merasa kurang memiliki pengetahuan tentang cara mempromosikan produk mereka secara daring.

Berdasarkan hasil survei lapangan, banyak warga desa yang memiliki usaha tetapi masih kesulitan memperluas jangkauan pasar karena keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, sosialisasi ini dirancang untuk membantu mereka memahami cara mengelola dan mempromosikan usaha secara lebih efektif melalui platform digital.

Tidak hanya memberikan materi secara teori, tim KKN MAs 132 juga memberikan pendampingan langsung kepada para pelaku usaha. Mereka membantu warga dalam mengunggah produk ke platform e-commerce seperti Shopee, serta memberikan panduan dalam pembuatan kemasan yang lebih menarik. Dua contoh produk lokal yang didampingi adalah kerupuk telur asin dan kerupuk lempeng, di mana pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Selain itu, tim KKN MAs 132 juga membantu para pelaku usaha untuk mendaftarkan lokasi bisnis mereka di Google Maps. Langkah ini memudahkan konsumen untuk menemukan lokasi usaha secara lebih efisien. Contoh usaha yang berhasil didaftarkan adalah “Telur Asin Andini”, yang kini dapat ditemukan di Google Maps.

Tim KKN MAs 132 berharap, inisiatif ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi para pelaku UMKM di Desa Pablengan. Keberhasilan program tersebuts diukur dari kemampuan pelaku usaha dalam memanfaatkan platform digital untuk memperluas pasar mereka dan mencapai target yang telah direncanakan. (salma)

uad.ac.id

Tags: Berita, Berita UAD, Dosen, Dosen UAD, KKN UAD, Mahasiswa, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/KKN-MAs-132-sosialisasikan-digital-marketing-di-Desa-Pablengan-Dok.-KKN-MAs.jpg 1068 1900 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2024-09-19 13:03:022024-09-19 13:03:02KKN MAs 132 Sosialisasikan Digital Marketing di Desa Pablengan
You might also like
KKN UAD Bantu Branding UMKM Tempe Tradisional di Padukuhan Soronanggan, Kulon Progo
BEM UAD Selenggarakan Dahlan Muda Environmental Festival
Mahasiswa KKN UAD Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah Organik di Dusun Nglaran
BEM FH UAD Adakan Pelatihan Public Speaking
Upacara Milad ke-63, UAD Terus Berkomitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan
EDSA UAD Gelar Raker 2025

PRESTASI

  • Mahasiswa UAD Raih Juara Harapan III Kompetisi Artikel Ilmiah Tingkat Nasional 202528/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara Harapan I di National Economic Business Competition 202527/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik Pers Mahasiswa 2025 dari AJI Indonesia25/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara II Lomba Pengabdian Masyarakat Tingkat Nasional pada ASLAMA PTMA 202519/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara II di Ajang AILEC 202519/08/2025

FEATURE

  • Psikologi Komunitas Kelompok Rentan03/09/2025
  • Konsep Strategi Ilmiah dalam Pengelolaan Sampah DIY03/09/2025
  • Dinamika Implementasi Pembelajaran Mendalam di Indonesia02/09/2025
  • Pendidikan Adalah Kunci Mengubah Kehidupan02/09/2025
  • Cerita Dwi Nur Fadhliyah, Dari Iseng Hingga Raih Prestasi di BICF 202527/08/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top