Prodi Pendidikan Matematika UAD Goes to School Tingkatkan Literasi Numerasi Guru SMA PIRI 1 Yogyakarta
Program Studi Pendidikan (Prodi) Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan kegiatan PMat Goes to School di SMA PIRI 1 Yogyakarta pada 28 November 2024. Bertempat di Jl. Kemuning No. 14, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta, acara ini mengangkat tema “Media Pembelajaran dan Pengembangan Tes Literasi Numerasi”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh guru sekolah dengan tujuan memberikan wawasan baru dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi.
Dua dosen Pendidikan Matematika UAD, Rima Aksen Cahdriyana, S.Pd., M.Pd. dan Aan Hendroanto, S.Pd., M.Sc. menjadi narasumber dalam pelatihan itu. Rima memulai sesi dengan materi tentang pengembangan tes literasi numerasi, memberikan panduan praktis kepada guru dalam menyusun soal yang mampu meningkatkan kemampuan analitis dan numerasi siswa.
Aan Hendroanto melanjutkan sesi dengan mengenalkan berbagai media pembelajaran digital, seperti Quizizz, Kahoot, Wordwall, dan Gamma.app. Gamma.app menjadi sorotan karena memungkinkan guru membuat presentasi profesional hanya dengan beberapa perintah sederhana. Selain itu, Aan juga menjelaskan potensi pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) seperti ChatGPT untuk membantu menyusun soal dan materi pembelajaran secara efisien, meskipun tetap membutuhkan validasi dari pengguna.
Kepala SMA PIRI 1 Yogyakarta, Dra. Asri Nurhayati, menyambut hangat kegiatan ini. Ia menyampaikan harapan agar pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, terutama dalam menghadapi tantangan di era digital. Menurutnya, kolaborasi antara akademisi dan sekolah seperti ini sangat penting untuk mendukung pengembangan kompetensi guru.
Melalui PMat Goes to School, Program Studi Pendidikan Matematika UAD terus menunjukkan komitmen dalam memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan. Dengan adanya pelatihan ini, para guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi secara optimal dalam pembelajaran dan meningkatkan literasi numerasi siswa secara efektif.