Dosen Pendidikan Biologi UAD Gelar Pelatihan STEM Berbasis NGSS untuk Guru SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Pelatihan STEM Berbasis NGSS oleh Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk Guru SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta (Foto. PKM UAD)
Tim dosen dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi guru-guru di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Puncak dari kegiatan yang telah berlangsung sejak Februari hingga Mei 2025 ini adalah pelatihan yang digelar pada 3 Juni 2025, dengan fokus utama pada penguatan pemahaman dan implementasi pendekatan STEM berbasis NGSS (Next Generation Science Standards) dalam proses pembelajaran.
Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Novi Febrianti, dengan anggota tim pengabdian yaitu Dr. Risanti Dhaniaputri dan Etika Dyah Puspitasari, S.Si., M.Pd. Ketiganya merupakan dosen aktif di Prodi Pendidikan Biologi UAD.
Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sains berbasis STEM yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip NGSS. Pendekatan ini menekankan integrasi antara ilmu pengetahuan (Science), teknologi (Technology), rekayasa (Engineering), dan matematika (Mathematics) guna membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, serta kolaborasi.
“Melalui kegiatan ini, kami berharap para guru dapat lebih siap menerapkan pembelajaran sains yang kontekstual, eksploratif, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata, sebagaimana ditekankan dalam NGSS,” ujar Novi.
Kegiatan pengabdian ini tidak hanya berfokus pada guru, tetapi juga mencakup sesi implementasi langsung bersama siswa di kelas. Hal ini menjadi bentuk nyata dari penerapan materi pelatihan, sekaligus ruang refleksi bersama antara guru dan dosen dalam memperkuat kualitas pembelajaran.
Kolaborasi antara Universitas Ahmad Dahlan dan SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta ini diharapkan dapat menjadi contoh sinergi positif antara perguruan tinggi dan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sains yang relevan dengan tantangan masa kini. (Nov/Lus)