• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa PPG UAD Tingkatkan Self-Efficacy Siswa dengan Expressive Writing

04/07/2024/in Terkini /by Ard

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tingkatkan Self-Efficacy Siswa SMP N 3 Godean Melalui Expressive Writing (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prahabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang bernama Nayang Della Rachmawati, S.Pd., memberikan layanan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik expressive writing. Sasaran layanan tersebut adalah siswa kelas VIII A di SMP N 3 Godean, dengan tujuan untuk meningkatkan self-efficacy siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada 29 Februari–25 Maret 2024 lalu, dan dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan.

Layanan bimbingan kelompok dapat dilakukan dengan berbagai teknik, salah satunya expressive writing. Pennebaker (2013) menjelaskan bahwa teknik expressive writing dilakukan dengan menuliskan pikiran dan perasaan yang berkaitan dengan hal-hal yang membuat tertekan atau yang dianggap mengganggu. Teknik tersebut dipilih sebagai strategi untuk meningkatkan self-awareness siswa.

Self-efficacy yaitu sikap sadar individu untuk memahami akan dirinya sendiri, memahami maksud dari emosi atau perasaan yang sedang ia rasakan serta penyebabnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa expressive writing memengaruhi efikasi diri. Expressive writing juga dapat meningkatkan motivasi untuk berubah. Melalui tulisan, individu dapat belajar menganalisis kesalahan sehingga individu memiliki motivasi untuk berubah menjadi individu yang lebih baik (Harahap, 2010).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nayang , fenomena yang sering muncul di kalangan siswa di SMP N 3 Godean yaitu terdapat siswa yang mengalami hambatan belajar karena memiliki self-efficacy yang rendah, terbukti dari kondisi siswa yang belum mampu mengatur jadwal belajar di rumah terutama dalam mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, siswa juga merasa ragu pada kemampuan sendiri dalam mengerjakan soal-soal ujian, siswa pun cenderung menghindari tugas-tugas yang sulit. Bahkan, beberapa siswa merasa tugas yang didapat sebagai tekanan bukan tantangan sehingga pada saat guru memberikan tugas yang dirasa cukup banyak, tidak jarang siswa mengeluh kepada guru dan belum bisa mengerjakan tugas secara mandiri.

Sehubungan dengan hal itu maka perlu dilakukannya suatu upaya untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa. Dampak positif bila self-efficacy dapat ditingkatkan, maka siswa akan mengalami perubahan dari keyakinan diri yang negatif menjadi positif, siswa akan lebih yakin terhadap kesuksesan dalam menghadapi masalah, lebih giat dalam belajar, tidak akan pernah terlambat sekolah, dan lebih percaya diri.

Target utama yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa kelas VIII A di SMP N 3 Godean. Self-efficacy pada remaja cenderung rendah karena mereka sedang mengalami masa peralihan dari anak-anak menjadi remaja atau dewasa. Masa remaja ditandai dengan perkembangan emosional, kognitif, yang mana pencarian identitas diri remaja yang masih belum stabil dan cenderung labil.

Dari pemaparan tersebut, untuk meningkatkan self-efficacy siswa dapat dilakukan dengan menggunakan teknik expressive writing dalam bimbingan kelompok. Nayang memilih teknik ini karena banyak manfaat di antaranya, permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan diri, perasaan, pikiran, dan belajar dapat diatasi dengan teknik expressive writing. Melalui menulis ekspresif, siswa akan dapat lebih mudah untuk mengekspresikan diri, mengungkapkan perasaan, menuangkan ide, menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi, maupun masalah yang dialaminya.

Siswa yang mengikuti kegiatan layanan mengaku sangat senang karena mendapat banyak manfaat dari layanan bimbingan kelompok yang dilakukan. Mereka belajar tentang memahami pengertian self-efficacy, aspek-aspek keyakinan diri, faktor pembentuk keyakinan diri, dan langkah-langkah untuk meningkatkan keyakinan pada diri. (doc)

uad.ac.id

Tags: Berita, Berita UAD, Dosen, Dosen UAD, Mahasiswa, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, PPG, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Mahasiswa-PPG-Prajabatan-Universitas-Ahmad-Dahlan-UAD-Tingkatkan-Self-Efficacy-Siswa-SMP-N-3-Godean-Melalui-Expressive-Writing-Dok.-Istimewa.jpg 463 828 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2024-07-04 09:26:342024-07-04 09:26:34Mahasiswa PPG UAD Tingkatkan Self-Efficacy Siswa dengan Expressive Writing
You might also like
UAD Raih Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bantul
Prof. Anton Yudhana Raih Gold Winner Anugerah Academic Leader DIKTISAINTEK 2024
Tim CaNaRy ADEF UAD Raih Penghargaan di Ajang Global Youth Innovators Competition 2025
UAD Kampus Tangguh Bencana: Pendidikan dan Mitigasi Kebencanaan untuk Masyarakat
Program Studi BSA FAI UAD Resmi Gelar Arabic World Festival #7
BEM FKM UAD Gelar Webinar Seni Komunikasi

PRESTASI

  • Mahasiswa UAD Raih Juara II Lomba Pengabdian Masyarakat Tingkat Nasional pada ASLAMA PTMA 202519/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara II di Ajang AILEC 202519/08/2025
  • Tim UAD Raih Juara III Lomba Kreasi Layar di Jambore Koperasi Nasional 202514/08/2025
  • Mahasiswa UAD dari Perwakilan Kontingen DIY Raih Dua Kategori Juara pada Ajang Tapak Suci World Championship 2nd di Malang13/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Dua Penghargaan pada Kompetisi Publikasi Artikel Ilmiah Tingkat Nasional11/08/2025

FEATURE

  • Psikologi Profetik sebagai Paradigma Integratif Ilmu dan Iman21/08/2025
  • Prof. Maryudi Dorong Inovasi Polimer untuk Lingkungan yang Berkelanjutan20/08/2025
  • Implikasi Putusan MK 135/PUU-XXII/2024: Momentum Baru Demokrasi Lokal Indonesia20/08/2025
  • Peran Reverse Logistics untuk Ekonomi Sirkular Berkelanjutan19/08/2025
  • Organisasi sebagai Rumah Bertumbuh12/08/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top