Soroti Metode Belajar Gen Alpha, PG PAUD UAD Gelar Studium Generale
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan studium generale pada 25 Juni 2024. Bertempat di Aula Islamic Center Gedung Utama Kampus IV UAD, acara ini mengusung tema “Constructive Learning: Rethinking Communication in Learning with Gen Alpha”. Kegiatan melibatkan dosen dan mahasiswa PG PAUD UAD sebagai peserta.
Acara dimulai dengan sambutan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan inisiatif dari PG PAUD yang mengadakan acara studium generale dengan mendatangkan pemateri dari berbagai kalangan seperti alumni PGPAUD, pemilik Yayasan Pendidikan Fatimah, dan dosen pakar PG PAUD dari University of Gloucestershire (UoG). Ia menutup sambutan dengan memberikan motivasi kepada mahasiswa bahwa menuntut ilmu bagi setiap muslim hukumnya wajib, salah satu bentuknya adalah dengan mengikuti kegiatan ini yang dapat menambah wawasan, pengalaman, dan pengetahuan.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pemateri pertama, Maria Meredith, M.A., M.Sc. dari UoG. Pada kesempatan itu, ia menyampaikan topik pembahasan “Supporting Generation Alpha in Their Learning”. Maria menekankan bahwa otak melakukan pemotongan dari sinaps dan neuron yang tidak terpakai hal ini terjadi sampai usia pubertas pada remaja sehingga menyebabkan mereka tidak dapat berpikir cepat.
Pemateri kedua, Diah Susanti, S.T., S.Pd. berbicara tentang teori konstruktivisme dalam implementasinya di lingkungan sekolah di TK ABA Bendosari. Ia menekankan bahwa sekolah berperan penting untuk menyediakan alat dan bahan ajar yang beragam guna membantu anak mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.
Pemaparan materi ketiga diisi oleh Ria Winanti, S.Pd., M.Pd. dengan topik “Mengembangkan Berpikir Konstruktif Anak Melalui Komunikasi Pembelajaran di PAUD”. Ia memaparkan terkait ciri komunikasi efektif dengan cara bertanya, terbuka, serta informasi. Kemudian, ia menekankan terkait strategi yang dapat diterapkan oleh pendidik atau orang tua, salah satunya dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman.
Acara ditutup dengan pemberian sertifikat dan cendera mata oleh Dewi Ekowati, M.Psi. selaku penanggung jawab acara dan dilanjutkan dengan foto bersama serta pembuatan konten program studi. (Lid)