Mahasiswa UAD Ikuti Kampus Mengajar di SD Negeri 011 Tanjung Pinang Barat
Kampus Mengajar adalah suatu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diluncurkan untuk mendukung pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah yang membutuhkan serta memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam dunia pendidikan.
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi salah satu universitas yang mendukung mahasiswanya dalam mengikuti program tersebut. Hal ini dibuktikan dengan konversi program Kampus Mengajar yang dapat direkognisi ke dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan mata kuliah pilihan.
Syafiqah Emilia merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAD yang berkesempatan mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 7 dan mengabdi di SD Negeri 011 Tanjung Pinang Barat, Kepulauan Riau. Dalam penugasannya, Syafiqah dan tim Kampus Mengajar menyusun banyak program yang dapat meningkatkan literasi dan numerasi siswa.
Untuk agenda utama, mereka menggelar Festival Literasi dan Numerasi yang berlangsung pada 11–14 Juni 2024 dengan tema “Berkarya Bersama Meningkatkan Budaya Literasi dan Numerasi”. Adapun beberapa kegiatan yang digelar dalam festival ini, yakni lomba puisi dan pantun, lomba paduan suara, lomba makan kerupuk numerasi, lomba mewarnai numerasi, dan lomba cerdas cermat.
Kepala Sekolah SD Negeri 011 Tanjung Pinang Barat, Nora Susanti Batubara, mengapresiasi festival yang digelar mahasiswa Kampus Mengajar. “Kami sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa Kampus Mengajar yang telah menggelar beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui Festival Literasi dan Numerasi. Semoga melalui kegiatan ini, siswa semakin bisa mengembangkan kreativitas dan kemampuannya,” ungkapnya.
Hal tersebut sekaligus menunjukkan adanya kontribusi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui program Kampus Mengajar sangat memengaruhi dan berperan penting dalam membantu sekolah. (doc)