Mahasiswa Baru FAST UAD Eksplorasi Sedari Dini untuk Raih Prestasi Bersama Tokoh Inspiratif
Pada Sabtu, 14 September 2024, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) melaksanakan Program Pengenalan Kampus (P2K) yang menampilkan pembicara inspiratif, Aulia Syafadilla Azali. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan bekal berharga kepada mahasiswa baru dalam perencanaan karier di bidang sains dan teknologi. Dilla, sapaan akrabnya, membawakan tema “Inspiring Journey from Outstanding Students: Eksplorasi Dini Raih Prestasi”, yang menyajikan berbagai wawasan penting untuk memotivasi dan membimbing mahasiswa baru.
Dalam sesi ini, Dilla membagikan pengalamannya sebagai mahasiswa berprestasi peraih medali emas Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36. Ia menyampaikan berbagai tips dan strategi untuk mengejar prestasi, termasuk cara mengatasi rintangan dan tantangan yang mungkin dihadapi selama perkuliahan. Ia juga menekankan pentingnya eksplorasi sedini mungkin dan bagaimana mahasiswa baru dapat memanfaatkan kesempatan untuk mencapai kesuksesan.
Dilla mengajarkan cara membangun kepercayaan diri dan motivasi agar mahasiswa baru tetap semangat dalam mengejar cita-cita mereka. Diskusi interaktif di akhir sesi menyoroti bagaimana mengatasi kegagalan dan kekecewaan, ia menekankan pentingnya tetap berjuang dan tidak larut dalam kesedihan. Ia menegaskan bahwa setiap kegagalan merupakan bagian dari proses menuju kesuksesan dan merupakan kesempatan untuk evaluasi diri.
Sebagai penutup, Dilla membuka sesi mentoring intensif bagi mahasiswa yang ingin berprestasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dengan pengalaman dan pencapaiannya, ia berharap dapat memberikan bimbingan langsung kepada mahasiswa yang serius dalam meraih prestasi di bidang sains dan teknologi.
Program P2K ini diharapkan dapat memberi dampak positif dan motivasi bagi mahasiswa baru FAST UAD, sehingga mereka dapat memulai perjalanan akademik mereka dengan semangat dan strategi yang tepat untuk meraih prestasi yang gemilang. (doc)