• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa PPG Fisika UAD Terapkan CRT dan PjBL dalam Pembelajaran Inovatif

11/09/2023/in Terkini /by Ard

Mahasiswa PPG Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terapkan CRT dan PjBL dalam pembelajaran inovatif (Dok. Mahasiswa PPG UAD)

Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) model Project Based Learning (PjBL). Kegiatan ini dilakukan dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 1 Kasihan Bantul pada Kamis–Senin, 3-7 Agustus 2023.

Pendekatan CRT merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan materi pembelajaran dengan budaya. Tujuannya adalah memperkenalkan keanekaragaman budaya kepada siswa, sehingga mereka dapat mengenal dan melestarikan budaya Indonesia. Dalam rangkaian kegiatan ini, mahasiswa PPG Fisika UAD mengadopsi PjBL, sebuah model pembelajaran yang menekankan pada pendekatan berbasis proyek. Mahasiswa mengintegrasikan materi tentang listrik statis dengan fenomena petir dan ornamen simbar pada rumah adat limas.

Melalui penggabungan ini, mahasiswa berharap siswa tidak hanya mendalami teori fisika, tetapi juga memahami bagaimana ilmu sains memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Di mana, siswa dapat merenungkan fenomena petir, yang sering dianggap misterius, namun dapat dijelaskan melalui konsep fisika yang sederhana. Selain itu, ornamen simbar pada rumah adat limas juga menjadi sumber pengetahuan bagi siswa. Mereka dapat belajar mengenai budaya rumah adat limas dan memahami fungsi ornamen simbar sebagai penangkal petir.

Kegiatan dimulai dengan menjelaskan konsep muatan listrik, gaya listrik, dan medan listrik, dan mengajak siswa menggerakkan sedotan tanpa sentuhan,. Kemudian, guru menampilkan gambar petir dan rumah adat simbar sambil bertanya mengenai hubungannya. Siswa dibagi menjadi 9 kelompok, masing-masing mengkaji fenomena dengan fokus pada konsep muatan listrik, gaya listrik, atau medan listrik. Hasil produk dihadirkan melalui gallery walking, di mana siswa melihat dan membahas hasil karya teman-temannya. Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi pengalaman siswa dan menyimpulkan pembelajaran.

Sementara proyek yang digarap oleh peserta didik adalah pembuatan peta konsep atau infografis tentang fenomena petir dan ornamen simbar, yang dianalisis dengan menggunakan konsep muatan listrik, gaya listrik, dan medan listrik. Siswa diberi kebebasan untuk membuat proyek ini secara digital dengan menggunakan Canva atau secara konvensional menggunakan kertas plano.

Selain memberikan wawasan lebih dalam tentang materi pembelajaran, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk keterampilan kolaborasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model pembelajaran berbasis proyek dapat membantu siswa bekerja sama dalam merencanakan, membagi tugas, dan menyelesaikan proyek secara tim. Selain itu, pembelajaran model ini juga membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, terutama dalam mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi.

Althaf, siswa kelas XII, mengungkapkan kesan positifnya setelah mengikuti model pembelajaran yang diberikan oleh mahasiswa PPG Fisika UAD. “Pembelajaran seperti ini sangat menarik karena saya tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat mengkaji fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Saya menjadi tahu tentang salah satu budaya Indonesia, yaitu rumah adat limas dan ornamen simbar yang berfungsi sebagai penangkal petir. Teknik gallery walking juga merupakan pengalaman baru bagi saya, membuat presentasi menjadi lebih menarik dan tidak membuat saya mengantuk.”

Melalui upaya ini, mahasiswa PPG Fisika UAD berhasil memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan bermakna bagi siswa, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah. (Doc/HDS)

uad.ac.id

Tags: Berita, Berita UAD, Dosen, Dosen UAD, Mahasiswa, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Mahasiswa-PPG-Fisika-Universitas-Ahmad-Dahlan-UAD-terapkan-CRT-dan-PjBL-dalam-pembelajaran-inovatif-Dok.-Mahasiswa-PPG-UAD.jpeg 765 1439 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2023-09-11 14:48:262023-09-11 14:48:26Mahasiswa PPG Fisika UAD Terapkan CRT dan PjBL dalam Pembelajaran Inovatif
You might also like
HMPS Fisika UAD Adakan Having a Relationship Bersama Himafis UB
KKN UAD Ciptakan Ecobrick untuk Tanggulangi Sampah Plastik
PBSI UAD Bekali Mahasiswa dengan Kuliah Umum Pramagang Penyuntingan
Mahkamah Konstitusi Mahasiswa Gelar Seminar Nasional, Bahas Pemilu 2024
Cek Kesehatan Gratis Bersama KKN UAD di Wilayah RW 03 Gedongkiwo, Mantrijeron
P2K Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 2024 (Dok. Dilla) Kebaharuan Konsep P2K FK UAD 2024: Menciptakan Mahasiswa Kedokteran yang Kritis, Berintegritas, dan Berjiwa Islami

PRESTASI

  • Mahasiswi Gizi UAD Raih Juara I Kelas C Putri di Kejurnas Tapak Suci Semar VI13/06/2025
  • UAD Raih Juara Umum II di Kejuaraan Nasional Tapak Suci Semar VI13/06/2025
  • UKM Karate UAD Raih 12 Medali dalam Kejuaraan Internasional11/06/2025
  • Mahasiswa UAD Juara 2 Nasional Cover Lagu Islami11/06/2025
  • Mahasiswa UAD Juara 1 Nasional Solo Vokal Pop di Ajang Euphoria Art 202508/06/2025

FEATURE

  • Peran Mahasiswa dalam Melahirkan Hukum yang Adil16/06/2025
  • Kolaborasi Digital, Kunci Mewujudkan SDGs di Era Gen Z16/06/2025
  • Langkah Kecil Gen Z untuk Dunia yang Berkelanjutan16/06/2025
  • Kunci Kesehatan Mental Menuju Indonesia Emas 204516/06/2025
  • Generasi Muda Katalis SDGs16/06/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top