Tingkatkan Manajemen Waktu Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Problem Solving
Afandi Radefa, S.Pd., mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 2023 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), menggelar layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving kepada siswa kelas XI DPIB 3 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola waktu belajar mereka.
Kegiatan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan, yang berlangsung dari 16 Juli hingga 8 Agustus 2024. Pada setiap pertemuan, siswa dilibatkan secara aktif dalam berbagai kegiatan, seperti analisis dan diskusi kelompok, yang dirancang untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik problem solving terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola waktu belajar. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman tentang pentingnya mengelola waktu belajar dan meningkatkan kedisiplinan diri mereka terkait waktu.
Salah satu siswa mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu mereka memahami pentingnya mengelola waktu belajar dan membuat mereka lebih disiplin dalam mengatur waktu belajar. Afandi Radefa selaku fasilitator kegiatan ini, mengungkapkan bahwa dirinya termotivasi untuk menyelenggarakan teknik tersebut karena melihat banyak siswa yang masih suka datang terlambat dan mengumpulkan tugas tidak tepat pada tenggat.
Teknik problem solving dalam layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola waktu belajar. Dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya mengelola waktu dan memberikan pengetahuan tentang dampak dari mengelola waktu yang buruk, serta solusi untuk melatih mengelola waktu dengan baik, siswa dapat menentukan solusi yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan mengelola waktu belajar mereka. (af/ek)