Tim Smellow Buat Inovasi Minuman dari Stroberi dan Marsmalow

Foto Tim Smellow pada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) FAIR 2025 (Foto. Tim Smellow)
Tim Smellow berhasil meraih dua prestasi bergengsi dalam ajang UAD FAIR 2025 yang diselenggarakan pada 13–14 Juni 2025 di Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Produk minuman inovatif mereka, kombinasi antara stroberi dan marsmalow yang diberi nama Smellow, sukses menyabet Juara I Video Kreatif Usaha serta Juara II Inovasi Produk dalam kategori minuman.
Tim ini beranggotakan sepuluh mahasiswi dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, yaitu: Adelia Rahma Putri (Ketua), Siti Humaira’, Afiyah Salsabila, Rahma Nisa Romadhona, Nurul Azizah Itsnaini, Aufa Noto Atmojo, Najmina Nurul Azkia, Dara Safina Darmayana, Salsabila Rizkika Ramadani K., dan Mutiara Wilson.
Adelia Rahma Putri, selaku ketua tim, menyampaikan bahwa keberhasilan ini tak lepas dari dua jalur utama persiapan yang mereka sebut sebagai “jalur bumi” dan “jalur langit”. Secara teknis, mereka melakukan persiapan matang mulai dari pembagian tugas, pengelolaan modal, hingga menjalin relasi dengan pedagang bahan baku. Sementara itu, dari sisi spiritual, tim ini juga memperkuat persiapan dengan salat hajat, berbagi motivasi positif setiap pagi, dan memohon doa restu dari orang tua.
“Tahun lalu kami juga memenangkan kategori yang sama, tetapi kami tetap merasa perlu mempersiapkan semuanya dari awal lagi. Sebagai ketua, saya merasa bertanggung jawab untuk memastikan semua anggota berkontribusi maksimal,” ujar Adelia. Lebih dari sekadar lomba, partisipasi mereka di UAD FAIR merupakan bagian dari cita-cita jangka panjang untuk memiliki stan usaha sendiri setelah lulus nanti. “Saya ingin membangun pondasi sejak sekarang. Setiap ada acara seperti UAD FAIR atau event Dahlan Muda, kami akan terus ikut,” tambahnya.
Adelia juga memberikan pesan inspiratif bagi teman-teman mahasiswa lainnya, “Kalau kita suka dengan apa yang kita lakukan, hasilnya akan maksimal. Selain itu, bangun relasi yang baik karena saat menjual produk, orang tidak hanya melihat barangnya, tetapi juga siapa penjualnya.” Prestasi gemilang dari tim Smellow ini menunjukkan bahwa mahasiswa dari berbagai latar belakang ilmu pun dapat bersinar di dunia wirausaha kreatif asalkan memiliki semangat, kolaborasi yang solid, dan keyakinan pada nilai produk yang mereka bawa. (Tifa)