Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini, KKN UAD Gelar Market Day di SD Banyuurip 1
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 119 mengadakan sebuah program yang bertujuan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini, khususnya mempersiapkan anak-anak di masa depan nanti. Program tersebut dilaksanakan di SD Banyuurip 1, Wonokerto, Turi, Sleman, dengan nama “Market Day” yang dibuat oleh Unit II.D.3 yang bekerja sama dengan pihak sekolah dan wali murid. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi dan dilaksanakan di dua hari yang berbeda.
Pada Selasa, 19 Februari 2024, dilakukan sesi yang pertama yaitu pengenalan kewirausahaan dan menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini untuk anak-anak. Di sesi tersebut, anak-anak diajarkan pentingnya berwirausaha karena dengan melakukan hal tersebut akan memberikan pengalaman dan ilmu baru yang sangat penting bagi mereka untuk mempersiapkan masa depan. Tidak hanya mengenalkan, mahasiswa KKN juga memberi tahu cara mengelola uang dan perhitungan sederhana yang tentu anak-anak dapat memahaminya.
Saat sesi pertama ini dilangsungkan, dapat dilihat antusiasme anak-anak yang merasa senang dan sangat tertarik untuk mengikuti program itu. Banyak juga dari mereka yang menanyakan tentang cara berwirausaha dan apa yang direkomendasikan untuk pertama kali dijual. Setelah sesi pertama berakhir, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan menentukan hal apa yang akan mereka jual dibantu oleh anggota Unit KKN II.D.3.
Lalu pada sesi kedua yang dilaksanakan pada Jumat, 23 Februari 2024, adalah hari ketika mereka mengimplementasikan apa yang mereka pelajari dan menjual hasil produksi mereka kepada sivitas SD Banyuurip 1. Pada sesi tersebut, anak-anak sangat senang dan menunggu sekali hari itu tiba, yakni ketika mereka bisa berjualan. Terbukti, ada banyak variasi yang mereka jual di masing-masing kelompok, contohnya ada yang menjual makanan, minuman, aksesori, dan masih banyak lagi. Setelah jualan mereka habis terjual, tiba mereka menghitung keuntungan dibantu oleh mahasiswa KKN. Mereka sangat bersemangat dan terbayarkan saat diadakan pembagian hasil kepada anggota kelompok masing-masing.
Program tersebut berjalan dengan lancar dan sukses dari awal hingga akhir. Dari Market Day pula dapat diketahui bahwa anak-anak memiliki minat yang sangat besar untuk berwirausaha. Tidak hanya itu saja, mereka pun mampu menuangkan kreativitas dan kemampuannya untuk memproduksi suatu produk dengan bantuan wali murid, pihak sekolah, dan teman satu kelompoknya.